Budaya Peranakan Tionghoa Indonesia

Referensi yang Bagus tentang Budaya Peranakan Tionghoa Indonesia

Ketika dua atau lebih kebudayaan berinteraksi dalam jangka waktu lama, maka kemungkinan yang terjadi adalah munculnya kebudayaan baru. Dalam kebudayaan baru tersebut masih tetap nampak ciri-ciri kebudayaan sebelumnya. Di Indonesia salah satunya adalah kebudayaan yang dihasilkan oleh peranakan Tionghoa Indonesia.

Etnis Cina atau Tionghoa sudah berabad-abad lampau datang ke wilayah yang sekarang menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada berbagai alasan mereka datang: mencari kehidupan yang lebih baik, menjalin persahabatan (antarnegara), memuaskan hasrat ingin tahu (petualang).

Kedatangan mereka itu ada yang sementara, menetap sementara waktu,  tetapi ada pula yang memutuskan untuk menetap selamanya. Di antara mereka kemudian ada yang menikah dengan penduduk setempat. Keturunan mereka inilah yang kemudian mendapat sebutan peranakan Tionghoa. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, entitas keturunan/peranakan Tionghoa ini ikut memperkaya dan diperkaya kebudayaan yang ada di Indonesia.

Buku ini ditulis oleh beberapa orang yang ahli di bidangnya. Mereka menulis dan membahas tentang peranakan Tionghoa Indonesia dari berbagai sudut. Myra Sidharta tentang pers dan sastra Melayu Tionghoa, Professor Gondomono, Ph.D, dari sudut masyarakat dan kebudayaan, Mona Lohanda tentang menjadi/asal-usul peranakan Tionghoa dan unsur lokal dalam ritual, Helen Iswara membahas tentang aneka makanan + minuman, Dawid Kwa tentang kesenian Gambang Kromong dan wayang Cokek serta ragam busana, Rusdi Tjahyadi mengenai sistem ukuran dan fungsi perabot, serta Musa Jonatan membahas tentang berbagai jenis perabotan, motif dekoratif, arti dan kisah di baliknya.

Judul: Peranakan Tionghoa Indonesia. Sebuah Perjalanan Budaya
Penyunting naskah: Al. Heru Kustara
Penerbit: Intisari Media Tama + Komunitas Lintas Budaya Indonesia, 2008, Jakarta
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 352 Koleksi Perpustakaan Tembi Rumah Budaya

Budaya Peranakan Tionghoa Indonesia
Budaya Peranakan Tionghoa Indonesia
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×