Ruwatan

Ruwatan, Upacara Sakral untuk Membuang Kekuatan Jahat pada Diri Seseorang

Upacara ruwatan merupakan upaya pembersihan seseorang dari marabahaya atau malapetaka untuk kembali sebagai manusia biasa sehingga memperoleh ketenteraman hidup. Dalam tradisi Jawa orang-orang yang keberadaannya nandhang sukerta/wong sukerta (berada dalam ‘dosa’) harus diruwat. Kalau tidak diruwat, diyakini ada suatu kekuatan supranatural yang dapat menyengsarakannya. Kekuatan supranatural tersebut juga mengancam keberadaan orang-orang di sekitarnya.

Upacara ruwatan menggunakan pertunjukan wayang kulit dengan sesaji yang lengkap. Lakon yang digelar biasanya Murwakala. Inti  Murwakala adalah penyucian, yaitu mengatasi atau menghindarkan seseorang dari kesulitan baik lahir maupun batin. Dapat dikatakan Murwakala memuat penghayatan atas eksistensi manusia, keberadaannya di dunia  beserta segala hal yang berakibat di dalamnya. Masyarakat Jawa mempunyai keyakinan (dalam cerita Murwakala), wong sukerta adalah jatah santapan Bathara Kala. Kisah Bathara Kala dan orang-orang yang dianggap sukerta, banyak ditulis dalam karya sastra Jawa.

Dalam pertunjukan wayang untuk ruwatan, seorang dalang merupakan tokoh penting dan sentral. Dalang yang bertanggung jawab atas pelaksanaan ruwatan baik yang bersifat jasmani maupun spiritual. Untuk keperluan ini dipilih dalang yang ‘mumpuni’, sudah ‘sepuh’ atau senior, setidak-tidaknya sudah pernah menikahkan anaknya dan juga ada keturunan dalang.

Mantram atau mantra merupakan aspek penting dalam ruwatan. Mantra berarti perkataan atau kalimat yang dapat mendatangkan daya gaib serta dapat ‘membersihkan’ dosa. Dalam ruwatan pembacaan mantra merupakan hal yang sangat sakral. Ada syarat-syarat tertentu, misalnya anak kecil harus dijauhkan terlebih dahulu dan tidak boleh ada yang tertidur (sekalipun itu penonton).

Judul: Ruwatan di Daerah Surakarta
Penulis: Soetarno
Penerbit: CV. Cendrawasih, 1995, Surakarta
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: vii + 95 Koleksi Perpustakaan Tembi Rumah Budaya

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×