Panduan Ringkas dan Jelas untuk Menikmati Warisan Budaya Indonesia di Jakarta

Ada banyak cara agar sejarah suatu bangsa tidak terlupakan. Salah satunya melalui museum, yang menyimpan berbagai cerita tentang aktivitas manusia dari masa ke masa. Seperti usaha manusia untuk mempertahankan dan memperbaiki kehidupan, berbagai karya yang dihasilkan sampai persaingan antarmanusia dalam hidupnya. 

Buku ini berisi tentang 38 museum yang terdapat di Jakarta. Di antaranya Museum Nasional, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Sumpah Pemuda dan Museum Bahari. Museum-museum tersebut mempunyai ciri khas sesuai dengan namanya. Misalnya Museum Tekstil, menyimpan koleksi tentang berbagai tekstil yang ada di Indonesia. Museum Joang ’45 menyimpan koleksi berbagai barang atau benda yang terkait dengan perjuangan meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Buku ini juga membuat tentang berbagai monumen dan patung yang ada di Jakarta. Monumen dan patung tersebut adalah tanda peringatan dan pengingat sejarah perjalanan bangsa Indonesia.  Seperti Monumen Nasional (Monas), Monumen 19 September 1945, Monumen Proklamasi, patung Pangeran Dipanegara, patung Dirgantara.

Pembahasan dalam buku ini dibuat secara singkat, sehingga cocok dijadikan buku panduan wisata. Untuk mempermudah pencarian lokasi, di halaman terakhir ada peta lokasi. Sambil berwisata sekaligus belajar sejarah bangsa.

Judul: Jakarta Cultural Heritage
Penulis: –
Penerbit: Pemerintah Kota Jakarta, 2010, Jakarta
Bahasa: Inggris
Jumlah halaman : 72

Koleksi Museum Tembi Rumah Budaya

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×