musik mbloc

Hari Musik Nasional 2021 Izin Konser Terbuka Disetujui Pemerintah

Memperingati Hari Musik Nasional 2021, simpul kreatif  bagi musisi dan seniman di Jakarta, M Bloc menggelar konfrensi dengan tema “Kebangkitan Musik Nasional Pasca Pandemi, Kapan atau Kapan-kapan?” yang digelar secara online pada Selasa, 9 Maret 202, kerjasama antara Angin Ancol movement berkolaborasi dengan M Bloc Space.

Gelaran ini menghadirkan sejumlah pegiat musik pesohor dan musisi sebagai pembicara, antara lain Ryan D’Masiv, Danilla Riyadi, David Naif, Dewi Gontha, Kiki Aulia Ucup dan lainnya. Diskusi yang digelar dibagi menjadi beberapa sesi, antara lain sesi pertama membahas mengenai penantian para musisi menunggu perizinan konser diberikan pemerintah, serta perbincangan mengenai masa depan pertunjukan musik dalam ruangan.

Sesi berikutnya membahas mengenai pergolakan para musisi yang kehilangan kesempatan tampil selama masa pandemi, kiat-kiat bertahan dan strategi para manager artis musik dimasa pandemi. Forum ini bertujuan menjembatani komunikasi antara stakeholder musik dengan pemerintah dan kepolisian sekaligus menampung aspirasi dan menemukan solusi atas buntunya kegiatan musik dimasa pandemi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sebelumnya mengklaim Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo telah memberikan izin diadakannya acara berbagai event musik, budaya, teater, film hingga pagelaran budaya tradisional.

Meski belum ada statement resmi dari Kapolri mengenai hal tersebut, jika dikemdian hari sudah diperbolehkan tentu ada banyak syarat yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara, yaitu menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan memenuhi unsur CHSE yaitu Cleanlinnes (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), Environment Sustainbility (kelestarian lingkungan). Dan tentunya penyelenggara tetap memperhatikan zona resiko Covid-19 suatu wilayah.

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×