Luncurkan Buku “Cerita Kina” Upaya Happy Salma Kurangi Gadget Anak

Sebuah buku anak berjudul “Cerita Kina” dibuat oleh aktris sekaligus ibu dua anak Happy Salma baru saja dirilis. Buku ini diterbitkan oleh Pocer For Kids, lini penerbitan buku anak dari Pojok Cerpen Grup, salah satu penerbit independen yang berdomisili di Jogja. 

Volume pertama serial ini berjudul Cerita Kina: Berkunjung ke Rumah Teman Mama, berkisah tentang Mama, Kina, dan Rayi yang mengunjungi butik Tante Sanny. Di sana, selain melihat berbagai baju cantik, Kina juga bermain bersama Big Sis; kuda peliharaan keluarga Tante Sanny, Blanco, Soso, dan Jojo; juga si kambing rakus, Leah. 

Launching buku yang dilakukan secara daring pada Selasa (25/1) ini diawali dengan pembacaan fragmen buku oleh Reza Rahadian, Christine Hakim dan musikalisasi fragmen oleh pendongeng Rona Mentari. Happy Salma selaku penulis buku mengaku merasa bersyukur atas terbitnya buku cerita anak ini, ditambah dengan kolaborasi bersama illustrator Heavenly Poetrysanny yang membuat buku ini menjadi lebih hidup dan istimewa. 

Happy Salma Rilis Buku Cerita Kina

“Selain ingin mengenalkan literasi pada anak sejak dini, buku ini merupakan salah satu upayaku untuk tidak mengenalkan gadget terlalu dini pada anak, memang gadget banyak manfaatnya tetapi saya banyak berdiskusi dan membaca artikel, gadget juga banyak memberikan dampak buruk pada anak, semoga tujuan mengurangi gadget ini bisa juga dicapai ibu-ibu lain diluar sana,” papar Happy. 

Dalam pembuatan buku, sampai proses selesai Happy Salma mengajak Kina sebagai tokoh utama buku untuk berdiskusi, misalnya saja pemilihan gambar atau apakah putrinya tersebut suka dengan cerita yang dibuat. “Kadang dia jadi ingat kembali kejadian-kejadian yang  dituliskan dibuku,” katanya. 

Setelah membaca buku keseluruhan, aktris senior Christine Hakim mengatakan, dari buku ini terlihat sekali kedekatan ibu dan anak, “menurut saya ada banyak yang bisa diambil dari buku ini salah satunya edukasi mengenai keragaman budaya saat ibu kina mengenalkan berbagai macam baju pengantin adat, keren sekali buku ini” ujarnya. 

Bagi Happy sendiri, membaca buku bagi anak-anak adalah upaya melatih ruang imajinasi, kreativitas, dan kecerdasan anak-anak. Selain itu, anak-anak dapat memiliki teman bermain yang kisah-kisahnya mungkin terwakilkan dalam karakter-karakter dalam Cerita Kina.

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×