Art Jakarta Gardens Akan Hadir Dengan Konsep Berbeda

Mengawali event perdana dimasa pandemi, pameran Art Jakarta Gardens akan berlangsung pada 7 – 14 April 2022 dengan konsep yang berbeda. Pameran diluar ruangan diikuti oleh 20 galeri seni, dengan karya pematung yang mendominasi, pameran seni ini akan berlangsung di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat.

Selain informasi penjualan tiket yang akan dilakukan secara online mulai 1 April mendatang dalam media gathering di Artotel Suis, Mangkuluhur, Jakarta Selatan (Kamis 24/3). Enin Supriyanto, Direktur Artistik ART Jakarta menerangkan ada tiga hal penting yang ingin disampaikan, pertama pemilihan ruang terbuka untuk berpameran merupakan bagian dari adaptasi situasi pandemi, dalam situasi pandemi menurutnya ruang terbuka lebih aman dibandingkan ruang tertutup.

Kedua ruang terbuka lebih mengakomodasi karya patung atau senirupa tiga dimenasi lainnya, selama ini kata dia dalam pameran diruangan lebih banyak memberi sorotan lampu pada seni lukisan. “Selama ini para kreator seni tiga dimensi nggak pernah dapat atensi cukup, dengan format outdoor kami punya platform untuk mendukung karya yang bersifat tiga dimensi.

“Baik ruang publik yang dikelola pribadi, swasta, atau pemerintah, akan lebih hidup bila ada seni patung atau instalasi. Kami berharap publik makin memahami pentingnya trimatra dilibatkan dalam penataan ruang publik,” imbuhnya menerangkan poin ketiga.

Akan ada dua tenda besar yang diisi oleh para seniman dari 20 galeri seni dalam negri, antara lain A+ Works of Art, Art Agenda SEA, Artsociates, Art Serpong Gallery, Can’s, CGartspace, Façades, Gajah Gallery, Hedonist Gallery, Kohesi Initiatives, SAL Project, Semarang Gallery, Rachel Gallery, Bale Project, D Galerie, Gudang Gambar, ISA Art, Linda Gallery, Museum of Toys, dan ROH Project.

Hutan Kota Plataran nanti akan dipenuhi dengan sekitar 40 karya patung dari seniman ternama antara lain, Dolorosa Sinaga, Sunaryo dan Nyoman Nuarta. Ada juga karya dari Roby Dwi Antono yang karya-karyanya sedang diminati kolektor luar negri.

Selain pameran karya seni, kegiatan tersebut juga akan dimeriahkan dengan sejumlah acara pendamping. Salah satunya workshop seni rupa dengan Bartega “Kami kerja sama dengan Bartega. Ini kumpulan anak-anak muda yang sangat aktif buat pelatihan dan karya seni untuk masyarakat secara umum, untuk dekatkan masyarakat dengan seni rupa,” Enin menjelaskan.

Ada pula pameran NFT yang sedang marak. Ia menyebut yang ditampilkan adalah karya yang dimiliki sekitar 5–6 kolektor Indonesia. Hanya sedikit saja yang ditampilkan karena ingin memberi panggung lebih besar bagi karya seni patung dan instalasi.

“Kami juga akan gelar nobar, beberapa film dokumenter seniman Indonesia karya dari pekerja seni dari Indonesia sendiri. Salah satunya menang penghargaan terbaik di festival film dokumenter internasional di Jogjakarta,” ucap Enin seraya menambahkan akan ada pertunjukan seni.

Art Jakarta Gardens 2022 dibuka pada 7-8 April khusus untuk undangan. Lalu 9-10 April pukul 11.00 – 21.00 WIB, dilanjutkan esok hari sampai 14 April pukul 13.00 – 21.00 WIB.

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×