Jakarta Film Week 2022 Bangkit Dengan Tema “Emerge”

Kebangkitan film Indonesia terus digaungkan sejak Pandemi Covid-19 melanda dunia. Jakarta Film Week 2022 turut ambil bagian dari kebangkitan industri film Indonesia, yang rencananya akan digelar pada 13-16 Oktober 2022 di lobi CGV Grand Indonesia dengan tema “Emerge”.

Tahun ini Jakarta Film Week mengusung dua program utama yaitu pemutaran film dan non pemutaran film. Program pemutaran film terdiri dari tiga program, yaitu Global Feature (pemutaran film Panjang terpilih Indonesia dan Internasional, Global Short (pemutaran film pendek menampilkan film-film pendek terpilih Indonesia dan Internasional), dan Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek).

Dalam program pemutaran film, akan ada juga sesi kompetisi, yang terdiri dari Feature Award (penghargaan film panjang internasional terbaik), Direction Awards (penghargaan film panjang Indonesia terbaik), Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik), Jakarta Film Fund Award (penghargaan film hasil produksi pemenang Jakarta Film Fund), Global Animation Award (penghargaan film animasi pendek), dan Series of The Year (penghargaan series orisinal yang tayang di OTT).

Sedang untuk program non pemutaran film, terdapat sesi Masterclass (pelatihan untuk para profesional industri film dengan narasumber berpengalaman di industri film internasional), Talks (diskusi publik seputar industri film dengan panelis yang inovatif dan berpengalaman), Community (ruang berbagi komunitas film untuk memperluas jaringan dan bertukar pengetahuan dengan para ahli di industri film), Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek, dengan 3 proposal yang terpilih akan mendapatkan dukungan produksi, teknis dan pelatihan), serta Road to Jakarta Film Week (kegiatan yang berjalan menjelang acara puncak Jakarta Film Week).

Ditemui di CGV FX Sudirman, Rina Damayanti selaku Festival Director mengatakan tema “Emerge” menandakan ada sesuatu yang kembali bangkit dan sesuatu yang bersinar kembali, dan inilah yang menjadi latar belakang penyelenggaraan Jakarta Film Week 2022.

“Tahun ini dunia perfilman berbeda. Kami melihat banyaknya kembalinya penonton ke bioskop. Bahkan jumlahnya melebihi ketika sebelum pandemi,” kata Rina Damayanti. Ia juga melihat produktivitas para sineas setelah dua tahun terpuruk, jumlah produksi karya layar lebar, series, documenter dan lainnya.

Kondisi itu lah yang kemudian membawa Rina Damayanti bersama para petinggi Jakarta Film Week untuk mengadakan lagi acara tersebut sebagai wujud perayaan bagi para sineas. “Jadi ada sesuatu yang bergerak maju, bangkit kembali dan dunia perfilman ini berhasil mengatasi berbagai tantangan selama pandemi kemarin,” ucap Rina Damayanti.

Rencananya, gelaran Jakarta Film Week 2022 akan diadakan di lobi CGV Grand Indonesia, Jakarta pada 13-16 Oktober 2022 dan akan memutar total 88 film dari 28 negara. Jumlah tersebut sudah termasuk film panjang dan film pendek.

Kabar baiknya, semua penayangan filmnya dibuka secara gratis dan dilakukan secara offline maupun online. Untuk bisa menyaksikan film-film yang tayang di Jakarta Film Week 2022, penonton perlu memesan tiket terlebih dahulu melalui TIX ID dan pemesanan sudah dibuka mulai,  jika tidak bisa hadir secara offline, tetap bisa menyaksikannya secara online melalui Vidio secara gratis.

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×