Gene Smith Kepala Program Baru Ubud Writers & Readers Festival, Siap Ciptakan Keajaiban dalam Festival

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) dengan bangga mengumumkan Gene Smith telah ditunjuk sebagai Ketua Pemrograman terbaru festival. Bekerja sama dengan Pendiri dan Direktur festival Janet DeNeefe, Gene akan memimpin visi kreatif untuk Edisi Ulang Tahun ke-20 Festival yang berlangsung pada 18–22 Oktober 2023.

Pernah bekerja sebagai Associate Director di Melbourne Writers Festival, Gene memberikan kontribusi yang signifikan pada kurasi dan menghadirkan festival tahunan dan terbesar di Australia yang menghadirkan lebih dari 150 acara dan 250 penulis dalam program selama seminggu.

Pada tahun 2020, ia adalah programmer dan produser utama untuk program inovatif MWF Digital  yang dikembangkan sebagai tanggapan terhadap pandemi COVID-19, menarik lebih dari 30.000 penonton ke 50 acara daring yang menampilkan Elizabeth Strout, Kevin Kwan, Anne Enright, Charlotte Wood,  Brit Bennett, Patrick Radden Keefe, Julia Gillard, Alexis Wright, dan banyak lagi.  Di awal karirnya, Gene bekerja di Sydney Writers’ Festival, Australian Chamber Orchestra, Sydney Opera House, dan National Institute of Dramatic Art.

Ia  juga pernah duduk di panel untuk hibah dan hadiah sastra, termasuk untuk Creative Victoria dan Victorian Premier’s Literary Awards yang bergengsi.

Diadakan setiap tahun di jantung budaya Bali, UWRF adalah festival sastra terkemuka di Asia Tenggara. Dipuji di seluruh dunia karena programnya yang beragam dan hangat, UWRF mengumpulkan lebih dari 150 penulis, budaywan, dan artis paling menarik di dunia selama lima hari percakapan yang menggetarkan, debat, dan perayaan yang menyenangkan.

Bersamaan dengan sesi bincang-bincang penulis dan diskusi panel, festival mempersembahan tarian dan beragam pertunjukan Indonesia, makan siang sastra, tur jalan-jalan ke pasar Ubud, pura dan sawah, komedi larut malam, musik, serta  peluncuran buku, lokakarya, dan acara yang dirancang untuk memperkaya dan menginspirasi imajinasi para penulis baru dan generasi muda.

Saat ditemui, Gene Smith berkata, “Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan untuk dapat bekerja di tempat yang seindah dan sensasional seperti Ubud.  UWRF terkenal di seluruh dunia karena semangat dan pengalamannya yang luar biasa—tidak seperti festival lainnya.  Dua puluh tahun adalah tonggak sejarah besar dan saya berharap dapat bekerja sama dengan Janet dan tim dalam menyampaikan program luar biasa yang penuh dengan ide-ide besar dan luar biasa.”

Janet DeNeefe menambahkan, “Gene memiliki rekam jejak yang luar biasa bekerja di festival sastra dan tidak hanya membawa pengetahuan dan keahlian yang luar biasa, tetapi juga hasrat yang mendalam untuk menyatukan penulis dan pembaca dalam merayakan kekuatan transformatif sastra.  Saya tidak sabar untuk mengungkap keajaiban yang akan kami ciptakan untuk peringatan 20 tahun kami.”

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×