Mahasiwa Australia Gembira Bisa Memainkan Gending

Senin, 5 Januari 2018 sebanyak 21 mahasiswa Jurusan Seni dari Australia National University melakukan kunjungan ke Tembi Rumah Budaya untuk mengenal lebih jauh kebudayaan Jawa, utamanya koleksi Museum Tembi dan perihal kekhasan konstruksi dan arsitektur rumah tradisional Jawa. Selain itu mereka juga belajar menabuh gamelan (karawitan).

Mereka begitu betah mengamat-amati dan bertanya pada semua hal yang berkaitan dengan koleksi. Mereka begitu antusias mengamati naskah/buku kuno. Iklan kuno, kulkas kuno, lampu kuno, foto-foto tentang Kota Yogyakarta di masa lalu juga menarik minat mereka. Tampak bahwa kunjungan mereka bukan saja untuk rekreasi, namun juga untuk mengedukasi diri agar lebih kaya referensi bagi pendalaman ilmu pengetahuan mereka. Utamanya pengetahuan kebudayaan lain di luar bangsanya.

Gamelan juga menarik minat mereka. Keseriusan untuk dapat menguasai berbagai intsrumen menegaskan hal itu. Ketika mereka dapat menguasai salah satu instrument gamelan dan memainkan gending yang sederhana mereka pun tampak begitu gembira. Kegembiraan itu tampaknya juga menjadi bunga-bunga kecil yang melengkapi kebahagiaan jiwa mereka.

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×