Benda Peninggalan Sejarah dan Purbakala 2

Dokumentasi tentang Sebagian Kekayaan Benda Peninggalan Sejarah dan Purbakala Indonesia

Benda peninggalan sejarah dan purbakala merupakan hasil proses sejarah bangsa sepanjang masa. Benda-benda ini merupakan bukti otentik sebagai bentuk nyata dari warisan sistem nilai dan ide yang pernah dihayati oleh masyarakat pada zamannya.

Indonesia sebagai suatu bangsa yang mengalami proses sejarah dan budaya yang cukup panjang memiliki banyak  peninggalan. Benda peninggalan sejarah dan budaya tersebut dapat digunakan sebagai sarana pembinaan dan pengembangan nilai-nilai luhur budaya bangsa, memupuk kepribadian bangsa dan membina ketahanan nasional.

Buku ini diterbitkan dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang warisan budaya tersebut. Dalam penerbitan ini ditampilkan foto atau gambar dengan deskripsi singkat antara lain lokasi, bahan, konstruksi, latar belakang sejarah, keagamaan/religi dan pemugaran. Objek yang dipilih mewakili jenis, zaman (prasejarah, masa klasik/Hindu Budha, Islam, kolonial dan perjuangan) dan juga daerah-daerah di Indonesia. Buku ini memang hanya memuat sebagian kecil peninggalan sejarah dan purbakala di Indonesia Penjelasannya juga sangat singkat. Penjelasan yang singkat bertujuan agar mudah dimengerti terutama bagi orang awam dan tidak membosankan. Setelah mengerti, harapannya masyarakat ikut andil dalam menjaga dan melestarikannya. Baik bendanya secara fisik maupun makna yang terdapat di dalamnya.

Benda Peninggalan Sejarah dan Purbakala

Judul: Album Peninggalan Sejarah dan Purbakala

Penulis: Tjepi Kusman, dkk

Penerbit: Depdikbud, 1991, Jakarta

Bahasa: Indonesia

Jumlah halaman : v + 175

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×