Neala Vangelin

Episode Ketiga Musilkal Dirumah Aja Angkat Cerita Rakyat Rara Jonggrang Kekinian

Program #MusikalDirumahAja yang menampilkan 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia, dengan format online kembali hadir dengan episode terbaru. Musikal yang dipersembahkan oleh BOOW LIVE X Indonesiakaya.com ini menampilkan lakon berjudul Rara J yang merupakan adaptasi kisah Rara Jonggrang, cerita rakyat dari Jawa Tengah. Episode ketiga #MusikalDiRumahAja ini dapat disaksikan secara bebas mulai hari ini pukul 20.00 WIB di akun Youtube IndonesiaKaya.

Titien Wattimena bekerja sama dengan Chriskevin Adefrid, Venytha Yoshiantini dan Ivan Tangkulung dari TEMAN (Teater Musikal Nusantara) sebagai penulis naskah Rara J, mengadaptasi cerita rakyat Rara Jonggrang dan mengaplikasikannya dalam kehidupan generasi muda pada masa kini. Berkisahkan tentang seorang lelaki bernama Bandung yang jatuh cinta kepada perempuan bernama Rara. Kemudian Rara memberikan syarat kepada Bandung jika ingin cintanya diterima. Syarat itulah yang kemudian menjadikan Rara diam-diam ternyata mencintai Bandung. Bagaimanakah kelanjutan kisah cinta Rara J dan Bandung?

Episode kali ini menggambarkan bagaimana kehidupan seorang vlogger yang telah sukses di dunia media sosial memberi tantangan kepada seorang pria yang sedang mendambakan cinta. Melalui proses produksi yang dirancang secara sederhana tetapi tetap memperhatikan unsur detail kehidupan remaja, produksi ini menampilkan kesederhanaan dalam konten yang padat dengan pesan moral kehidupan zaman sekarang.

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat Indonesia yang telah menyaksikan dua episode penayangan #MusikalDirumahAja yang sudah mencapai lebih dari 500.000 penayangan. Hari ini penikmat seni dapat menyaksikan #MusikalDiRumahAja episode Rara J yang tidak hanya mengangkat cerita rakyat Rara Jonggrang, namun juga mengadaptasinya ke zaman kekinian sehingga lebih dekat dengan kehidupan generasi muda saat ini. Rara Jonggrang yang dalam legenda merupakan seorang putri, dalam episode ini dikisahkan sebagai seorang vlogger yang terkenal dan adaptasi tokoh-tokoh kekinian lainnya menjadikan episode ini sangat menghibur namun tetap memuat pesan moral bagi para penikmat seni,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya.com.

Kisah Rara J ini diramaikan oleh para pemain yang mendukung pertunjukan #MusikalDirumahAja seperti Daniel Ongko sebagai Bandung, Neala Vangelin sebagai Rara J, Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer, Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer, Zaya Fadhillah sebagai Kpop Influencer, Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara. Episode ini juga diproduseri Bayu Pontiagust dan disutradarai oleh sutradara teater Chriskevin Adefrid dan Venytha Yoshiantini sekaligus koreografer dan manajer panggung. Sutradara teater ini juga berkolaborasi dengan sutradara film Naya Anindita, asisten sutradara Habibie Alkateer.

Selain itu banyak juga pihak-pihak yang turut terlibat seperti Ivan Tangkulung yang memberikan sentuhan melodi indah sebagai penata musik, penulis lirik dan komposer, Gerry Habir sebagai sinematografer, penata artistik dipegang oleh Jacobas Dimas, penata suara oleh Decky Nelwan dan alunan selaku audio post. Tim produksi ini juga diisi oleh Muthiara Rievana, Tary sebagai penata busana, Super 8MM studio sebagai penyunting video, Venytha Yoshiantini sebagai koreografer, Ronald Soe sebagai koreografer penari dan para penari dari Team Roro.

Naya Anindita selaku sutradara film dalam episode Rara J ini mengatakan, “Menjadi bagian dari program #MusikalDiRumahAja ini memberikan energi baru bagi saya untuk menjadikan keterbatasan yang ada menjadi sesuatu pengalaman menarik dalam menciptakan sebuah karya yang diadaptasi dari cerita legenda yang dikemas secara ringan kekinian. Di sini saya bekerja sama dengan sinematografer Gerry Habir dan diproses produksi pada kisah Rara J kali ini juga sangatlah menarik, karena proses syuting ini memanfaatkan teknologi yang dekat dengan genggaman kita sehari-hari dan seluruh adegan pada proses syuting ini menggunakan Iphone.”

“#MusikalDirumahAja yang mengangkat cerita rakyat lalu diadaptasi dengan kehidupan masa kini merupakan hal yang menarik di industri kreatif dan belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh saya. Ada banyak tantangan untuk memproduksi sebuah karya di tengah pandemi dengan pemberlakuan pembatasan sosial namun tim produksi Rara J ini sungguh luar biasa. Tiap orang memberikan energi positif dan berusaha memberikan yang terbaik sehingga pertemuan-pertemuan virtual untuk latihan hingga syuting menjadi hal yang  sangat menyenangkan bagi saya. Semoga penampilan kami dapat menghibur serta menginspirasi para penikmat seni di rumah,” ujar Neala Vangelin yang berperan sebagai Rara J.

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×