DICARI MUSIK TRADISI BARU 2020!

Festival Musik Tembi (FMT) berangkat dari keresahan dan pencarian akan identitas musik nusantara. Hadir sejak tahun 2011, tahun 2020 akan menjadi tahun ke-9 penyelenggaraan FMT setelah di tahun 2019 sempat rehat sejenak. Tahun ini FMT ingin menguji coba gagasan akan ruang baru yang selama ini sudah sangat akrab bagi masyarakat, yaitu ruang daring. Adanya uji coba ruang ini diharapkan dapat menjadi ruang baru yang lebih luas dan tak terbatas untuk para komposer dan musisi muda dalam mengembangkan karya, khususnya karya musik tradisi baru. Di tengah adanya pandemi COVID-19, kami berharap FMT dapat hadir sebagai support system bagi peminat, pelaku, dan penikmat musik untuk terus bertukar pikiran dan pengalaman.

Musik Tradisi Baru (MTB) merupakan program FMT berupa ruang kreatif bagi kreator muda untuk menciptakan karya musik dengan menggunakan elemen musik tradisi nusantara seperti alat musik atau idiom musik tradisi. MTB juga menjadi laboratorium serta ruang dialog bagi kreator muda untuk terus menggali kekayaan bunyi nusantara dan menghasilkan karya musik inspiratif tanpa mengabaikan akar budaya nusantara.

Oleh karena itu, kami mengajak kalian para kreator muda untuk melestarikan musik tradisi tidak hanya dengan memainkan instrumennya, tapi juga dengan menghidupkan spirit, mengeksplorasi makna dan membawanya ke ranah yang lebih luas.

Syarat teknis Musik Tradisi Baru 2020:

1. Karya musik merupakan karya original yang belum pernah dipublikasikan di platform digital.

2. Karya musik menggunakan elemen musik tradisi nusantara seperti alat musik atau idiom musik tradisi.

3. Durasi karya maksimal 7 menit.

4. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang akan dipentaskan secara daring dalam festival ini.

5. Peserta merupakan perorangan atau kelompok (maksimal 7 orang) dengan usia 15-35 tahun.

6. Mengisi formulir di tautan https://s.id/MTB2020

7. Mengunggah rekaman karya dalam format wav (16bit/44.1Khz) dan video dengan format MOV atau MP4 di Google Drive dan menyertakan tautan di formulir yang telah disediakan panitia.

8. Peserta bersedia mengikuti ketentuan teknis produksi dari panitia apabila lolos seleksi.

9. Peserta yang lolos seleksi berhak untuk: a) tampil di festival yang akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 26-31 Oktober 2020, b) mendapatkan subsidi biaya produksi, dan c) mendapatkan pendampingan berupa lokakarya dalam bidang musik, produksi, dan membangun jejaring.

Open submission MTB dibuka dari tanggal 30 Agustus 2020 sampai dengan 30 September 2020. Pendaftaran ini terbuka untuk umum dan gratis. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung kami di 0857-2751-2630 (Yusrina) dan 0877-3939-6399 (Sheila) atau dengan mengirim surel ke festivalmusiktembi@gmail.com.

Kirimkan karyamu, segera!

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×