10. SUNGSANG Wuku

Pekan Ini Ada Enam Hari Baik, tapi Harap Perhatikan Arah Bepergian

Pekan ini wuku Sungsang, berada di minggu ke-10 dari 30  minggu yang ada, periode 6 s/d 12 September 2020, Penanggalan Jawa 18 s/d 24 Sura tahun Jimakir 1954

Pranatamangsa: mangsa Surya III (Katelu), mulai 25 Agustus s/d 17 September, umurnya 24 hari. Candranya “Suta Manut ing Bapa” artinya anak patuh kepada bapak. Musim panen palawija, tanaman menjalar mulai tumbuh seperti misalnya: gadung, uwi, mbili dan sebagainya. Orang yang lahir di mangsa Katelu ini wataknya penuh kasih sayang, disiplin, adil, jujur, tetapi boros karena suka menolong orang.

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda artinya dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu, tetapi hanya satu angka yang dipakai yaitu angka yang jatuh pada akhir dari hitungan angka yang ada. Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran).

Jumlah tersebut dihitung, jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Kliwon, 6 September 2020, kalender Jawa tanggal 18 Sura, tahun Jimakir 1954, tanggal sangar, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Kliwon, 5 + 8 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Senin Legi, 7 September 2020, kalender Jawa tanggal 19 Sura, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Legi, 4 + 5 = 9, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Selasa Paing, 8 September 2020, kalender Jawa tanggal 20 Sura, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Paing, 3 + 9 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Rabu Pon, 9 September, kalender Jawa tanggal 21 Sura, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Pon, 7 + 7 = 14, jatuh pada perhitungan baya tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Kamis Wage, 10 September 2020, kalender Jawa tanggal 22 Sura, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Wage, 8 + 4 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Jumat Kliwon, 11 September 2020, kalender Jawa tanggal 23 Sura, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Kliwon, 6 + 8 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Sabtu Legi, 12 September 2020, kalender Jawa tanggal 24 Sura, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan.  Panca suda: Sabtu + Legi  9 + 5 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak. Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah. (*)

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×