Orang Kelahiran Mangsa Kaenem Punya Watak Sombong Tapi Cerdas

Pekan ini Wuku Wuye, berada di minggu ke-22, dari 30  minggu yang ada, periode 29 November s/d 5 Desember 2020, penanggalan Jawa 13 s/d 19 Bakdamulud, tahun Jimakir 1954

Wuku Wuye

Pranatamangsa: Mangsa Surya VI (Kaenem), mulai dari 9 November s/d 21 Desember umurnya 43 hari. Candranya: “Rasa Mulya Kasucian”. Artinya musim hujan dan musim buah-buahan: mangga, rambutan, durian, anggur dll. Orang yang lahir di Mangsa Kaenem ini cerdas tetapi sombong.    

Kitab Primbon Betaljemur Adammakna adalah kumpulan pengetahuan berdasarkan ‘ilmu titen’ yang berlangsung turun-temurun. Kitab tersebut memuat 337 bab, salah satu di antaranya adalah pengetahuan mengenai watak seseorang menurut jumlah hari dan pasaran kelahiran. Berikut dituliskan watak dari orang yang mempunyai hari dan pasaran kelahiran satu minggu ke depan:

Minggu Wage, 29 November 2020, penanggalan Jawa 13 Bakdamulud tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Untuk pindah rumah disebut ‘DEMANG KANDHUWURAN’ sakit-sakitan. Panca suda: Minggu + Wage, 5 + 4 = 9, watak dan sifatnya ‘rongeh’ tidak bisa tenang, senang pindah-pindah dan mencari pengalaman di tempat jauh, jika punya mantera  tidak manjur, bahkan bisa menimbulkan kerusakan. Masa bodoh dengan pembicaraan atau pendapat orang lain.

Senin Kliwon, 30 November 2020, penanggalan Jawa 14 Bakdamulud tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah. Panca suda: Senin + Kliwon, 4 + 8 = 12, watak dan sifatnya tidak bisa menerima keadaan atau takdir, banyak yang ingin diraih, kurang menyenangkan, mencintai karena kekayaannya, ketampanannya atau kecantikannya ‘kadang kunang.’ Mudah mencari rezeki, tetapi sering kehilangan pula.

Selasa Legi, 1 Desember 2020, penanggalan Jawa 15 Bakdamulud tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah. Panca suda: Selasa + Legi, 3 + 5 = 8, watak dan sifatnya dengki, srei, panasten, iri dengki, panas hati, selalu merasa kurang, senang bertengkar, saat marah membahayakan, sepak terjangnya menghambat prestasi orang lain.

Rabu Paing, 2 Desember 2020, penanggalan Jawa 16 Bakdamulud tahun Jimakir 1954, hari nahas nabi, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak. Panca suda: Rabu + Paing, 7 + 9 = 16, watak dan sifatnya tidak lancar dalam perkawinan, bicaranya menyenangkan tidak menyakitkan, pemaaf, banyak komentar atas hasil orang lain, apa yang dikerjakan dapat terwujud, hal makanan mempunyai seleranya sendiri.

Kamis Pon, 3 Desember 2020, penanggalan Jawa 17 Bakdamulud tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Untuk pindah rumah disebut MACAN KETAWANG, sering cekcok dan banyak masalah. Panca suda: Kamis + Pon, 8 + 7 = 15, watak dan sifatnya berkemauan keras, teguh pendiriannya, sangat hati-hati, cukup rezekinya, sejahtera, pandai memimpin, banyak sahabat yang mencintai. Sayangnya justru sering cekcok dengan pasangannya.

Jumat Wage, 4 Desember 2020, penanggalan Jawa 18 Bakdamulud tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Untuk pindah rumah disebut ‘NUJU PATI’ dukacita dan sengsara. Panca suda: Jumat + Wage, 6 + 4 = 10, watak dan sifatnya tenang, konsisten, mudah menyerap ilmu yang diajarkan, dapat menjadi konsultan permasalahan keluarga, Tidak suka ditanya untuk mengungkapkan masalahnya sendiri, tetapi lebih suka menasehati orang lain. Murah senyum dan kasih kepada saudara.Sabtu Kliwon, 5 Desember 2020, penanggalan Jawa 19 Bakdamulud tahun Jimakir 1954, hari Taliwangke, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak. Panca sudah: Sabtu + Kliwon  9 + 8 = 17, watak dan sifatnya pendiam, bicaranya tenang-tenang menghanyutkan, sering gagal mewujudkan keinginannya di dalam kerja, bahkan dapat mencelakainya, namun sering juga ditolong orang lain. Tetapi jika pada suatu saat apa yang diinginkan terwujud, akan menuai kegembiraan yang luar biasa. Perlu hati-hati karena sering difitnah orang. (*)

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×