“Serial Mencari Siti” Siap Tampilkan Bakat Baru Dunia Seni Pertunjukan Indonesia

Program kreatif terbaru kembali dihadirkan oleh www.indonesiakaya.com, bekerjasama dengan Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN) yang akan menggelar audisi online untuk teater musikal “Mencari Siti”. Diawali dengan menggelar workshop ‘Mencari Penulis’ yang mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat, dari 400 orang yang mendaftar telah terpilih 70 peserta dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti masterclass online bersama Garin Nugroho.

Mencari Siti ini merupakan rangkaian program online yang bertujuan menyaring para seniman muda berbakat Indonesia. Peserta yang memiliki kemampuan vokal, tari dan akting yang telah mengikuti serangkaian program ini akan berkesempatan untuk menjadi bagian dari drama musikal terbaru yang disutradarai oleh Garin Nugroho.

Karya yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Indonesia, Marah Roesli ini rencananya akan diproduksi tahun 2021 mendatang. Berbeda dengan produksi lainnya, Mencari Siti ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting.

Program pencarian para pemain serial musikal online ‘Mencari Siti’  akan dibuka mulai 8 – 31 Desember 2020. Audisi online ini bisa diikuti pria maupun wanita usia 18 – 35 tahun, yang memiliki kemampuan akting, vokal dan menari. Selanjutnya para peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Serial musikal online Mencari Siti ini akan dibuat dalam kemasan baru dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan arahan Garin Nugroho, elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

Dalam konfrensi pers virtual yang berlangsung pada Selasa (8/12) sutradara film kenamaan, Garin Nugroho mengatakan serial ini bukan hanya sekedar panggung pertunjukan, “Selain ada pertunjukan terbuka, didalamnya ada pencarian sumber daya manusia, juga mengembangkan pola-pola dunia pertunjukan virtual yang sedang bertumbuh saat ini,” paparnya.

Ia juga menambahkan industri virtual saat ini sudah menjadi bagian dari perkembangan jaman, ada atau tidak adanya pandemi Covid-19.  “Ruang kreatif virtual ini akan terus bertumbuh dan menjadi besar meskipun ada riset yang mengatakan masyarakat masih lebih memilik menonton teater secara langsung, tapi saya yakin ruang kreatif virtual ini akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa,” tambahnya.

Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com mengatakan gagasan program pelatihan untuk membahas dan mengembangkan seni pertunjukan sudah ada sejak 2015, tahun 2019 menggelar program Indonesia Menuju Broadway yang merupakan program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia.

“Sekarang kami mencari bakat-bakat baru generasi muda Indonesia dalam program Mencari Siti yang merupakan rangkaian program online untuk talenta baru yang akan terlibat dalam serial drama musikal yang akan ditayangkan virtual, program ini memungkinkan setiap orang memiliki kesempatan yang sama dimanapun ia berada untuk turut mewarnai dunia seni pertunjukan Indonesia,” pungkasnya.

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×