W. 30 Watugunung

Menurut Kitab Primbon Betaljemur Adammakna Orang Kelahiran Senin Legi Wataknya Labil, tapi Masa Bodoh

Pekan ini Wuku Watugunung, wuku ke-30, wuku penutup, periode 24 s/d 30 Januari 2021Penanggalan Jawa 10 sd 16 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954

Pranatamangsa: Mangsa Surya VII (Kapitu), mulai 22 Desember 2020 s/d 2 Februari 2021, umurnya 43 hari. Candranya: Wisa Kentir ing Maruta, artinya bisa/penyakit terbawa angin. Orang yang lahir di Mangsa Kapitu ini wataknya ‘cengkiling’ alias suka memukul.

Kitab Primbon Betaljemur Adammakna adalah kumpulan pengetahuan berdasarkan ‘ilmu titen’ yang berlangsung turun-temurun. Kitab tersebut memuat 337 bab, salah satu di antaranya adalah pengetahuan mengenai watak seseorang menurut jumlah hari dan pasaran kelahiran. Berikut dituliskan watak dari orang yang mempunyai hari dan pasaran kelahiran satu minggu ke depan:

Minggu Kliwon, 24 Januari 2021, kalender Jawa tanggal 10 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954, nahas Nabi, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Minggu + Kliwon, 5 + 8 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Orang kelahiran Minggu Kliwon bicaranya menyenangkan. Hatinya baik, mendambakan kerukunan dan kedamaian keluarga dan saudara, tidak mempunyai nafsu jahat, kuat menahan tidur, cepat mencapai sejahtera lahir batin, jika berdagang rajin dan tekun. Namun perlu hati-hati karena wataknya yang baik, banyak pujian yang dapat mengakibatkan kesombongan.

Senin Legi, 25 Januari 2021, kalender Jawa tanggal 11 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Senin + Legi, 4 + 5 = 9, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Orang kelahiran Senin Legi: wataknya labil tidak bisa tenang, senang berpindah-pindah dan mencari pengalaman di tempat jauh, jika punya mantera  tidak manjur, bahkan bisa menimbulkan kerusakan. Masa bodoh dengan pembicaraan atau pendapat orang lain.

Selasa Paing, 26 Januari 2021, kalender Jawa tanggal 12 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Selasa + Paing, 3 + 9 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Orang kelahiran Selasa Paing: ingin lari dari situasi yang dihadapi, tidak bisa menerima takdir, banyak yang ingin diraih, kurang menyenangkan, mencintai karena kekayaannya, ketampanannya atau kecantikannya ‘kadang kunang.’ Mudah mencari rezeki, tetapi sering kehilangan pula.

Rabu Pon, 27 Januari 2021, kalender Jawa tanggal 13 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Rabu + Pon, 7 + 7 = 14, jatuh pada perhitungan baya tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Orang kelahiran Rabu Pon: rendah hati, serba bisa, cepat menangkap ilmu yang diajarkan, rezeki cukup dan datang tepat waktu. Sayangnya kurang bisa bergaul dan tidak kaya. 

Kamis Wage, 28 Januari 2021, kalender Jawa tanggal 14 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Kamis + Wage, 8 + 4 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Orang kelahiran Kamis Wage: ridak bisa menerima keadaan atau takdir, banyak yang ingin diraih, kurang menyenangkan, mencintai karena kekayaannya, ketampanannya atau kecantikannya ‘kadang kunang.’ Mudah mencari rezeki, tetapi sering kehilangan pula.

Jumat Kliwon, 29 Januari 2021, kalender Jawa tanggal 15 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Jumat + Kliwon, 6 + 8 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Orang kelahiran Jumat Kliwon: rendah hati, serba bisa, cepat menangkap ilmu yang diajarkan, jika tidak mempunyai rezeki ada orang yang datang memberi. Sayangnya agak sungkan dan tidak kaya. 

Sabtu Legi, 30 Januari 2021, kalender Jawa tanggal 16 Jumadilakir, tahun Jimakir 1954, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Sabtu + Legi  9 + 5 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Orang kelahiran Sabtu Legi: tidak sombong, rendah hati, serba bisa, cepat menangkap ilmu yang diajarkan, jika tidak mempunyai rezeki ada orang yang datang memberi. Sayangnya agak sungkan dan tidak kaya.  Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah. (*)

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×