Kisah Hidup Sang Maestro Ismail Marzuki Akan Hadir Dalam Musikal Online

Pada 2021, www.indonesiakaya.com sukses menyuguhkan Serial Musikal Nurbaya  yang terinspirasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli. Serial Musikal Nurbaya, mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Indonesia, dan telah disaksikan lebih dari 20 juta kali di YouTube IndonesiaKaya. Diawal tahun 2022 ini www.indonesiakaya.com kembali menghadirkan program kreatif terbaru yang ditujukan kepada para seniman muda Indonesia. Bekerja sama dengan sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), akan menyelenggarakan audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita

Karya yang diangkat dari kisah hidup komponis besar Indonesia, yaitu Ismail Marzuki atau yang juga kerap disebut dengan nama Bang Maing ini rencananya akan diproduksi di pertengahan tahun 2022 mendatang. Layaknya program audisi Mencari Siti yang telah diselenggarakan di tahun 2021 lalu, nantinya program ini juga akan diisi oleh para pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus audisi

Serial musikal online Ismail Marzuki mengangkat latar belakang dari seorang Bang Maing yang hidup dalam berbagai zaman. Lahir di akhir dekade 1920, tumbuh dan besar di dekade 1930 sampai 1940-an sampai Indonesia Merdeka. Latar belakang lakon ini diambil dari buku Seabad Ismail Marzuki: Senandung Melintas Zaman karya Ninok Leksono. 

Chriskevin Adefrid sebagai penulis naskah dari TEMAN mengatakan sosok Ismail Marzuki sangat menarik untuk diangkat, ia juga mengaku sangat tertantang dalam proses penulisan naskah lakon ini, “secara konsep, sudah ada lagu yang diciptakan. Nah, gimana kemudian menarasikannya ke dalam satu skrip,” katanya dalam jumpa pers virtual pada Kamis (17/2). Namun ia bersyukur selama proses penulisan Garin Nugroho dan Ninok Leksono selalu mendampingi agar prosesnya bisa berjalan dengan baik dan tidak melenceng.

Renisari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com melihat apresiasi masyarakat sangat tinggi dengan program-program yang kerap disuguhkan IndonesiaKaya, ia juga senang banyaknya seniman muda dengan berbagai talenta bermunculan lewat program-program seperti ini. 

“Sebetulnya sumber daya manusia kita banyak sekali dan bagus-bagus, hanya saja panggungnya memang kurang, semoga kami bisa menginspirasi sehingga akan bermunculan program-program serupa. Program Mentjari Bang Maing dan Djoewita ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung seni pertunjukan Indonesia dan mencari seniman muda demi keberlangsungan proses regenerasi dalam seni pertunjukan Indonesia. Semoga program ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” ujar paparnya.

Audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita telah dibuka dan akan berlangsung hingga 13 Maret 2022 pukul 23.59 WIB. Audisi online ini bisa diikuti oleh usia 18 tahun ke atas, memiliki kemampuan akting, vokal,  tari, dan bermain instrumen musik (tidak wajib). Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×