Konser Virtual di Tengah Hutan Andien Rayakan 22 Tahun Berkarya

Dalam rangka 22 tahun berkarya di industri musik tanah air, Andien akan menggelar konser virtual yang akan tayang pada tanggal 22 Februari 2022 melalui platform streaming Vidio. Konser yang mengusung tajuk Melodi Monolog: Dan Lalu ini akan digelar kurang lebih selama 45 menit.

Digelar di tengah hutan De Djawatan, Banyuwangi, Jawa Timur, Andien akan membawakan lagu-lagunya dari periode 2000-2021, meski membawakan lagu-lagu lamanya, penyanyi kelahiran 25 Agustus 1985 ini mengaku akan menyuguhkan nuansa yang berbeda dari versi asli karena diaransemen ulang oleh music director, Lie Indra Perkasa. Dalam konser nanti Lie akan mengemas konsep musik perjalanan Andien kedalam dimensi yang lebih mendalam dan spiritual, ia juga akan memasukkan bunyi-bunyian woodwinds (bass, clarinet, flute) & brass (flugel, bass trumpets, tuba).

Konser ini dibagi dalam tiga fase yaitu fase Mulai, Lerai dan Sampai. Ini memberi semacam penggambaran tentang perjalanan panjang manusia dalam kehidupan. Konsep konser ini dieksekusi berdasarkan mimpi dan imajinasi Andien selama ini. “Ini adalah rangkaian fase perjalanan panjang anak manusia dalam kehidupan yang pada prosesnya memantik sebuah tanya “Dan Lalu?” di kepala,” tutur Andien dalam Konferensi Pers yang digelar secara virtual pada Kamis, (17/2/2022).

Setiap lagu dalam konser ini, nantinya dikemas dalam bentuk narasi-narasi yang reflektif, mengajak penonton yang menyaksikan pertunjukan ini ikut berefleksi dan bercermin ke dalam diri. Andien juga akan berinteraksi dengan penari-penari yang geraknya dikoreografikan oleh Alisa Soelaeman.Disutradari oleh Shadtoto Prasetio, akan ada pengadegan dramatis berkonsep live record dari hutan. 

Tak hanya mendaur ulang lagu, dikerjakan oleh fashion designer Tangan dan Jonathan Andy sebagai fashion director, Andien akan mendaur ulang (upcycle) pakaian yang ia pernah kenakan pada konser-konser sebelumnya. Baju yang Andien pakai dalam Melodi Monolog: Dan Lalu adalah gabungan 4 gaun yang dipakai Andien di konser-konsernya terdahulu.

Mengapa upcycle? Karena saya ingin mendukung sustainable fashion dengan memberitahu masyarakat bahwa pakaian daur ulang itu indah dan punya nilai tersendiri. Pakaian upcycle dalam konser ini juga menyimbolkan tentang perjalanan manusia yang punya siklus Mulai, Lerai, Sampai yang tanpa kita sadari terus berulang, sampai nanti waktu kita selesai” kata Andien.

Andien berharap, karya ini akan menyentuh hati banyak penonton yang selama ini sudah setia menemani perjalanan Andien di dunia musik. “Dengan pertunjukan daring ini, aku bisa mewujudkan imajinasi terliarku di tengah hutan, yang sudah menjadi impianku sejak dulu. Pada kesempatan ini, aku ingin membagikan cerita melalui pertunjukan yang sarat makna, yang aku harap bisa menjadi refleksi dari perjalanan kita semua dalam fase sirkular perjalanan manusia,” tutup Andien.

Konser Melodi Monolog: Dan Lalu bisa disaksikan secara gratis di Vidio.com pada 22 Februari 2022 pukul 19.00 WIB.

Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×