WBI Foundation Gaet Milenial Gaungkan Pelestarian Budaya Indonesia

Sebuah organisasi nirlaba, Warisan Budaya Indonesia (WBI) Fondation yang diinisiasi oleh Yanti Airlangga, Loemongga Agus Gumiwang, Pandu Sjahrir, Anindya Bakrie, Liliana Tanoesoedibjo, Rafi Ahmad bersama 9 orang lainnya mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk terus menjaga nilai-nilai dan warisan budaya Indonesia. Fokus WBI mencakup seluruh unsur budaya, seperti wastra, tari-tarian, alat musik, film, kuliner, salah satu programnya yang sedang berjalan adalah membantu produk-produk UMKM Indonesia agar bisa dijangkau luas.

Ketua WBI Foundation, Yanti Airlangga mengungkapkan, sebagai perempuan Indonesia ia sangat bangga terhadap budaya dan kekayaan yang dimiliki Indonesia. “Saya melihat banyak anak muda yang sangat menghargai kultur kita, baik didalam maupun luar negri. Saya ingin menyemangati dan membanggakan bahwa Indonesia itu keren, budayanya luar biasa, sangat kaya, dan saya merasa Negara kita  paling kaya dalam hal budaya,” paparnya dalam konfrensi pers launching WBI Foundation di The Langham, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Istri dari Ketua Umum Partai Golkar ini juga menambahkan sejak awal ia bersama WBI bekerjasama dengan UMKM yang utamanya didominasi anak muda untuk membuka jalan kepada mereka, untuk pemasaran dan pameran-pameran yang akan diselenggarakan. Sementara itu, Gista Wishnutama mengatakan mereka sudah memiliki ruang, bernama Rumah Cikatomas sebagai salah satu wadah memajukan UMKM Indonesia.

“Jadi di Rumah Cikatomas kami bekerjasama dengan pengrajin kecil untuk memasukkan produk mereka, kami sediakan spacenya dan kami bantu jual baik secara online maupun offline. Kita mendorong mereka untuk melakukan penjualan dan meningkatkan kualitas sehingga bisa memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, tujuannya agar para pengrajin bisa sejahtera,” paparnya.

Yanti Airlangga bersama WBI Foundation percaya dengan sentuhan promosi dan teknologi yang baik promosi budaya Nusantara dapat lebih luas dan mengglobal, itu juga yang diharapkan dari keterlibatan Rafi Ahmad, agar bisa bantu menyebarkan promosi kebudayaan hingga gaungnya lebih besar. Dengan begitu ekonomi terus membaik, dan partisipasi generasi milenial semakin banyak untuk mengangkat budaya Indonesia.

Tags

One response

  1. Semoga tidak seperti yg saya fikirkan karena ada dana abadi kebudayaan yg 3T, adanya Yayasan WBI ini bisa benar benar merangkul masyarakat luas bukan hanya kelompok tertentu, sayang sekali, sampai saat ini WBI hanya bacaan sosmed belaka di ajang kalangan tertentu. Buktinya, bahkan email yg kami tulis saja ga di respon sama sekali. Karena kami memang kalangan masyarakat umum bukan selebriti atau youtuber.
    Senang adanya tapi sedih sekaligus melihat acara yg diadakan nya hanya sekedar prestise saja, memanfaatkan keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×