3 Koreografer Muda Tanah Air Siap Tampilkan Karya Dalam Festival Tari Kontemporer “Helatari 2023”

Komunitas Salihara siapkan pagelaran Helatari 2023, sebuah festival mini tari dalam rangka menggali talenta-talenta seni baru. Festival seni tari kontemporer dua tahunan yang menampilkan karya-karya tari baru ini berangkat dari khazanah tradisi tari nusantara dan dunia. Tahun ini, melalui proses seleksi undangan terbuka, Helatari menjaring tiga koreografer muda Indonesia, yaitu Megatruh Banyu Mili (Yogyakarta), Annastya Verrina (Surakarta), dan Wayan Sumahardika (Bali).

Menurut kurator tari komunitas Salihara, Tony Prabowo, tiga koreografer ini memiliki kekuatannya masing-masing dan membawakan isu-isu yang relevan dengan masa kini seperti pendidikan hingga batasan-batasan norma yang masih terlihat abu-abu di masyarakat. “Konsep koreografi yang disuguhkan oleh koreografer Megatruh dan Verina merupakan upaya menerjemahkan sebuah narasi tentang simpanan ingatan masa lalu dalam menjalankan aturan-aturan mengenai kedisiplinan, tentang norma, tentang apa yang dianggap baik-buruk,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima tembi.

Sementara Wayan Sumahardika, lanjutnya mengangkat konsep ‘repetoar – arsip’ sebagai ide dasarnya. Karya yang akan ditampilkan nanti, terinspirasi dari video arsip milik Bali 1928 yang merekam materi karya tari Igel Jongkok oleh maestro Bali, I Ketut Marya. Sebagai karya tari monumental di zamannya, Igel Jongkok menjadi sumber gagasan untuk menguraikan percakapan jongkok dalam zaman kolonial serta persepsi masyarakat tentang jongkok pada era sekarang,” sambungnya. Kelompok tari dan koreografer terpilih akan mempersembahkan karya mereka pada periode 3-25 Juni mendatang, di Teater Salihara, Jakarta. Untuk dapat menikmati karya-karya mereka, pengunjung dapat membeli tiket melalui laman resmi Salihara. Tiket dibanderol Rp 75.000 untuk umum dan Rp 50.000 untuk pelajar. Salihara juga menawarkan paket tiket untuk menonton semua pertunjukan disemua jadwal dengan harga Rp 300.000.

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×