Krisbudiman dan Ons Untoro

Menyiapkan Blues Rindu untuk Sastra Bulan Purnama

Dari tempat tinggalnya di Minomartani, masuk wilayah Sleman, Yogyakarta, Krisbudiman, pengajar Program Kajian Budaya dan Media UGM, mengabarkan bahwa buku puisi yang dia terjemahkan, karya Longston Hughes berjudul ‘Blues Rindu’ sudah selesai cetak, dan direncanakan untuk dibacakan di Sastra Bulan Purnama bulan Oktober 2020 dalam seri Poetry Reading From Home.

“Ons, buku puisi sudah selesai cetak,” Krisbudiman memberi kabar melalui WA

“Oh, kapan kita bisa bertemu, ngobrol,” jawabku.

“Bagaimana kalau Sabtu sambil makan siang”. Krisbudiman mengusulkan hari Sabtu 11 September 2020.

Lalu kami sepakat memilih tempat warung di wilayah Nitiprayan, tidak jauh dari Sangkring Art Space. Pilihan ini diambil, karena lokasinya di tengah. Krisbudiman tinggal di Minomartani, Sleman utara, saya tinggal di Gamping, Sleman barat. Kalau bertemu di Tembi Rumah Budaya, Krisbudiman terlalu jauh. Pilihan lokasi di tengah memudahkan keduanya untuk saling bertemu.

Rupanya, selain Krisbudiman dan saya, Kris juga mengundang Alex Lutfhi, seorang pengajar di ISI Yogya, dan Ajie Wartono, seorang penggiat jazz di Yogya. Keduanya akan ikut membacakan puisi Longston di Sastra Bulan Purnama.

“Siapa saja yang baca Kris, selain Ajie dan Alex?” tanyaku.

Krisbudiman menyebut beberapa nama perempuan yang akan membacakan puisi Longston. Nama-nama yang disebut semuanya pernah tampil membaca puisi di Sastra Bulan Purnama. Tidak semuanya dari Yogya, ada yang tinggal di Malang dan ada yang tinggal di Pontianak. “Mereka semua sudah siap untuk membaca puisi dan sedang milih-milih judul puisi apa yang akan dibacakan,” kata Krisbudiman.

Blues Rindu
Blues Rindu

Sastra Bulan Purnama Oktober 2020, memang masih beberapa minggu lagi. Tetapi dalam menyiapkan kerja, selalu jauh-jauh hari dan secara rutin selalu ada komunikasi dengan para penampil, yang waktunya tidak tentu. Bisa siang hari, bisa malam hari, atau pagi hari sebelum masing-masing mulai menjalankan pekerjaan rutin.

“Deadline video masuk 25 September ya Kris,” kataku.

Krisbudiman menyanggupi. Karena, seperti biasa, satu minggu sebelumnya Sastra Bulan Purnama sudah melakukan publikasi, baik melalui media sosial atau melalui media online. Dalam satu minggu,  secara bergantian, media online dan media cetak akan memuat rilis.

Puisi-puisi Longston Hughes, yang diterjemahkan Krisbudiman, yang berjudul ‘Blues Rindu’, puisi yang sederhana, tetapi enak dinikmati. Puisinya pendek-pendek, ada yang 6 baris misalnya. Namun, kapan membaca puisi yang terkumpul dalam ‘Blues Rindu’. Hati seperti basah, sejuk. Berikut salah satu puisinya:

Rakyatku

Malam ini indah
Demikian pula wajah rakyatku

Bintang-bintang indah
Demikian pula mata rakyatku

Indah, pun mentari
Indah, juga jiwa-jiwa rakyatku (*)

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×