Media Art Globale 2020 Digelar Virtual

Pada 20 November 2020 mendatang, pameran yang menggabungkan antara seni, teknologi dan sains, Media Art Globale (MAG) akan digelar secara virtual dengan menghadirkan simulasi ruangan virtual reality 350 yang akan membuat pengunjung merasakan sensasi secara langsung. MAG akan hadir pada 20 – 30 November 2020, sebanyak 21 seniman lokal dan internasional  akan menghadirkan karya-karyanya secara daring.

Saat jumpa pers daring selasa (17/11), kurator sekaligus pendiri Connected Art Platform, Mona Liem mengatakan new media art sudah terkenal sejak 1965 didunia, sedangkan di Indonesia happeningnya baru terjadi 10 tahun belakangan. “Sejak awal kita sudah mencari seniman bertalenta yang multidisiplin untuk diajak berpameran, tentunya masing-masing dari mereka memiliki definisi soal new media art,” paparnya.

Mengusung tema Quantum Land, Mona Liem mengaku terinspirasi bagaimana di waktu yang penuh letupan, tantangan dan ketidakpastian siapapun dapat menyelaraskan hidup secara harmoni. “Quantum sifatnya energi jadi ketika energi bersatu bisa positif atau negatif dan bisa mempengaruhi satu sama lain,” tambahnya.

Mona Liem menyeleksi sebanyak 21 seniman lokal dan internasional. Sebanyak 5 seniman berasal dari Jerman, Amerika Serikat, Australia, Belgia, dan Yunani. Serta 16 seniman dari Tanah Air yang bakal memeriahkan dengan berbagai latar belakang disiplin.

Karya-karya seniman MAG akan dibagi menjadi lima realms, setiap ruang menghadirkan tema yang berbeda, Pertama, Realms Genesis yang mempersembahkan karya dari Motionbeast, Eldwin Pradipta, Ady Setyawan, dan Kei Kusuma.

Di Realms Enigma, ada karya seni dari Monica Hapsari, Paul Bai, Dwi Putro, dan Notanlab yang menggunakan medium unik seperti suara dan tubuh manusia. Di Realms Nexus ada WSTG, Renjani Damais, Patub Porx, Bjarne Jensen, Hysteria asal Semarang, dan karya arsitek Rubi Roesli dengan berbagai medium.

Mona Liem juga menyebutkan tahun ini para seniman yang masuk ke dalam sistem open call lebih banyak ketimbang tahun lalu. Lebih dari 60 seniman di 23 negara berpartisipasi. Secara khusus, Media Art Globale 2020 akan menghadirkan empat karya yang bisa dinikmati secara interaktif. Mereka adalah WSTG, Motionbeast, Rubi Roesli, dan Monica Hapsari. Media Art Globale 2020 dapat dinikmati di situs www.mediaartglobale.com mulai 20 sampai 30 November 2020.

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×