Sosialisasi dan Promosi Permuseum di Bantul 2020

Dalam rangka sosialisasi dan promosi permuseuman, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Dialog dan Promosi Museum di Kabupaten Bantul di Radio Persatuan Bantul. Acara tersebut menghadirkan 23 orang narasumber yang memberikan ilmu, pengetahuan, dan informasi berkenaan dengan hal-ihwal dunia permuseuman. 

Ke-23 orang narasumber tersebut dibagi dalam termin-termin tertentu untuk melakukan sosialisasi dan promosi di radio. Masing-masing termin diisi oleh tiga orang narasumber dengan bingkai materi pembicaraan yang sama, namun ditinjau dari sudut pandang masing-masing narasumber sesuai dengan latar belakang keilmuan dan museum yang mereka tangani.

Termin I dilaksanakan Selasa, 8 September 2020 dengan materi Sosialisasi Forum Komunikasi Museum Bantul (FKMB) dengan narasumber Gatot Nugroho S Pt (Ketua FKMB/Museum HM Soeharto), Suwandi SS (Sekretaris FKMB), dan Ki Bambang Widodo SPd MPd (Ketua Barahmus DIY).

Termin II, Selasa, 15 September 2020 dengan materi Bincang-bincang Museum Wayang di Bantul dengan narasumber  RM Donny Surya Megananda SSi MSi (Museum Wayang Kekayon), Trias Indra Setiawan SE (Museum Wayang Beber Sekartaji), dan Drs P Agus Herjaka (Pelukis Wayang).

Termin III, Selasa, 22 September 2020 dengan materi Belajar Sejarah di Museum dan Monumen Bantul dengan narasumber Gatot Nugroho SPt (Museum HM Soeharto), Kol Sus Drs Dede Nasrudin (Museum Monumen AU Ngoto), dan Supardal MPd (MSI Bantul).

Termin IV, Selasa, 29 September 2020 dengan materi Bincang-bincang Museum Batik dan Sumber Karahayon Bantul dengan narasumber Ir Larasati Suliantoro S (Museum Batik Ciptowening), Endang Sawitri (Museum Sumber Karahayon), dan Suwandi SS (FKMB).

Termin V, Selasa, 6 Oktober 2020, dengan materi Mengenal Keberadaan Museum Tino Sidin dan Pendidikan Seni Budaya di Bantul dengan narasumber Panca Takariyati Sidin, SPt (Museum Tino Sidin), Anindya Barata SS (Museum Tembi Rumah Budaya), dan Drs Budiharjo MM (Barahmus DIY).

Termin VI, Selasa, 13 Oktober 2020, dengan materi Bincang-bincang Bersama Musueum Tani Jawa Indonesia dan Budaya Tradisional di Bantul dengan narasumber Kristya Mintarja, SPd MED St (Museum Tani Jawa Indonesia, Albertus Sartono SS (TACB Bantul), dan RM Donny Surya Megananda SSi MSi (FKMB).

Termin VII, Selasa, 20 Oktober 2020, dengan materi Belajar Sejarah Lewat Museum Lab Sejarah UPY dan Museum Pleret di Bantul dengan narasumber Drs Siswanta (Museum Lab Sejarah UPY), Wismarini SE M Hum (Museum Pleret Bantul), dan V Agus Sulistyo SPd MA (Barahmus DIY).

Termin VIII, Selasa, 27 Oktober 2020 dengan materi Menyongsong Sumpah Pemuda Bersama Museum Garuda Bantul dengan narasumber Nanang Rakhmad Hidayat MSn (Museum Rumah Garuda), Gatot Nugroho SPt (Museum HM Soeharto), dan Trias Indra Setiawan SE (Museum Wayang Beber Sekartaji).

Termin IX, Selasa, 3 November 2020 dengan materi Bincang-bincang Bersama Museum Cokelat Monggo dan Museum Bantul Masa Belanda dengan narasumber Tri Hadiantoro (Museum Cokelat Monggo), Windu Hadi Kuntoro SSi (Museum Bantul Masa Belanda), dan Suwandi SS (FKMB).

Termin X, Selasa, 10 November 2020 dengan materi Memperingati Hari Pahlawan Bersama Museum History of Java dan Museum Gumuk Pasir dengan narasumber Ki Dr Sutikno (Museum History of Java), Ki R Bambang Widodo SPd Mpd (Barahmus DIY), dan Bernike (Museum Gumuk Pasir Bantul). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat Bantul khususnya dan masyarakat Yogyakarta pada umumnya semakin mengetahui keberadaan museum-museum di Kabupaten Bantul. Melalui museum masyarakat dapat menggali berbagai informasi, pengetahuan, dan lain-lain yang akan semakin memperkaya khasanah pengetahuan masyarakat pada berbagai hasil budaya serta perjalanan kesejarahan dan peradaban bangsa. Kekayaan kebudayaan bangsa yang salah satunya terwadahi oleh keberadaan museum kiranya semakin dapat memperkuat karakter dan kepribadian bangsa.(*)

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×