Menyaksikan DUA + QUATRE di Akhir Pekan, Persembahan Avip Priatna

Mendekati penghujung tahun 2020, penikmat seni juga dapat menikmati kembali pertunjukkan orkestra indah oleh Jakarta Concert Orchestra! Kali ini Avip Priatna, direktur musik sekaligus konduktor JCO akan menyuguhkan konser dengan judul “DUA + QUATRE”, menyajikan 2 komposisi baru karya komponis muda Indonesia dan empat karya komponis Perancis ternama yang transkrip musiknya digarap oleh para musisi Indonesia.

Ide dibuatnya konser ini selain untuk memenuhi kerinduan menikmati musik orkestra berkualitas, baik dari sisi penonton maupun musiknya, juga sekaligus menjadi wadah kreasi para komposer muda berbakat Indonesia dalam mengasah kemampuan mereka untuk mencipta karya baru dan mengaransemen karya besar yang ada untuk orkestra kecil.

Dipilihnya karya komponis besar Perancis Claude Debussy, Maurice Ravel, Francis Poulenc dan Gabriel Fauré adalah karena karya-karya mereka belum pernah dimainkan di Indonesia dalam bentuk orkes kecil, dimana karya-karya tersebut aslinya kebanyakan ditulis untuk orkestra besar ataupun untuk paduan suara dengan iringan piano. Selain itu JCO juga belum pernah menampilkan “French Night – malam Perancis” dalam konser-konsernya selama ini.

Dikarenakan protokol kesehatan saat Pandemi ini, musisi yang boleh tampil di panggung sangatlah dibatasi jumlahnya,  maka Avip mencari jalan untuk bisa menampilkan karya-karya tersebut dalam formasi orkestra kecil dimana jumlah pemainnya hanya bisa 16 orang demi menjaga jarak fisik antar pemainnya, yaitu dengan mempercayakan para arranger dan komponis muda kita untuk membuat transkripsi dari karya-karya tersebut ke dalam format orkestra kecil dimana ia sendiri juga terjun langsung dalam menggarap pembuatan transkrip salah satu komposisi yang akan dibawakan.

Setelah konser JCO yang lalu dengan menampilkan 12 pemain string dan piano, kali ini Avip juga memasukkan unsur-unsur alat musik lain seperti tiup (brass dan woodwind) dan perkusi.

Selain keempat karya komponis besar dunia tadi, Jakarta Concert Orchestra akan menampilkan 2 komposisi baru dari 2 orang komponis berbakat Indonesia yaitu Fero Aldiansya dan Arya Pugala Kitti sehingga konser kali ini diberi judul “Dua + Quatre”, dimana akan ditampilkan Dua karya anak bangsa, dan Empat (quatre dalam bahasa Perancis berarti empat) karya komponis ternama Perancis, dengan transkrip orkes yang dibuat oleh para arranger Indonesia. Jangan lewatkan konser luar biasa ini, yang akan disiarkan hari Sabtu, 28 November 2020 jam 19.00 WIB melalui www.jcodigitalconcerthall.com

Category
Tags

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×